A.M. & P.M. Skin Care Routine

May 09, 2020


It was a long thought that I would like to share my current skin care routine. And now here it is, I finally did. Jadi sebelumnya skin care routine aku tuh super simple, karena produk skin care yang aku pake untuk pagi dan malam sama banget until I finally found the local product for night use dan memang terbukti bagus banget dan cocok di kulit aku.

Sebelum ngomongin produk skin care yang aku pake, aku mau share pengalamanku terlebih dahulu back to 2017. Aku pernah breakout di tahun 2017, tahun awal-awal aku kerja. Gatau persis sebenarnya penyebab breakout ini, dan memang ini pertama kalinya aku breakout in my whole life. Kata mama, mungkin karena aku ga pernah breakout jadi breakout nya sekarang (haha). Padahal skin care yang aku pake ga aku ganti. Terus aku mikir, mungkin karena efek culture shock, karena waktu itu adalah waktu dimana aku literally baru lulus dan pertama kali kerja full time. Selain itu, aku pulang pergi kantor naik ojek online. Mungkin kulit aku kaget kali ya dengan kondisi dan lingkungan yang baru hahaha.

Singkat cerita, aku bener-bener stress banget dengan kondisi kulit aku waktu itu. Aku coba produk skin care untuk acne-prone skin dan special untuk kulit berjerawat sana sini. Aku sampe habisin uang di tabungan sekitar 2-3jt untuk ngobatin breakout aku itu, karena sampe beli semua produk yang direkomendasiin beauty youtuber. So sad, ga membaik. Saking depressednya, sampe-sampe aku nyoba pengobatan tradisional rekomendasi dari temen waktu itu, yaitu dengan pake minyak anggur setiap mau tidur. Jadi minyak anggurnya diolesin aja gitu di wajah, pokoknya dibawa tidur. Aselik, itu susah banget tidurnya karena kalau mau nyimpang ke kiri kanan harus jaga banget nanti kena di bantal minyaknya. Tapi again, ga membaik juga.

Akhirnya aku pasrah dengan kondisi kulit aku. Terus dari situ aku coba ubah mindset aku, mungkin kulitku butuh waktu untuk bisa membaik, ga instan. Aku ga boleh stress, karena jujur itu pertama kali nya aku ngalamin breakout, jadi kebayang banget kan gimana aku stressnya. Yang biasanya kalau pake apa-apa fine-fine aja mukanya, sekarang malah picky banget takut makin parah kondisi kulitnya.

Then, aku coba berpikir positive sambil tetep rajin cuci muka pake skin care, plus, maskeran. Selang waktu sekitar 3 bulan, kondisi kulit mukaku membaik. Syukur Puji Tuhan.

Disini I learned my lesson kalau semua butuh proses. Ga ada yang instan. When life gives you hard track, coba ubah mindset dengan dinikmatin ajalah.

Okay, back to track.

Seperti yang udah aku mentioned diatas, sebelumnya skincare routine aku untuk pagi dan malam sama. Yang membedakan adalah untuk pagi nya aku pake SPF. So, here are the details:
  • Sebelum cuci muka, aku bersihin mukaku dulu dengan Bioderma Purifying Cleansing Micelle Solution.
  • Lalu, untuk everyday facial wash aku pake Perfect Whip by Senka dan setiap malam sebelum tidur aku pake Clean and Clear daily pore cleanser karena mukaku cukup berminyak di T-zone nya apalagi di hidung yang suka komedoan. Seminggu sekali atau dua kali seminggu aku suka exfoliate mukaku dengan St. Ives fresh skin dengan variant Apricot Scrub.
  • Setelah itu aku lanjut pake toner dari Laneige Essential Power Skin Refiner Light. Toner dari Laneige ini punya berbagai variant, tergantung dari kondisi muka kita. Aku pake Light karena muka ku lumayan berminyak. At some days, atau sesekali tonernya aku ganti dengan Some By Mi AHA-BHA-PHA 30 days Miracle Toner. Awalnya aku pakai toner ini literally tiap hari, tapi ternyata pake toner ini ga boleh dipake tiap hari karena akan bikin kulit kita menipis dan makin berminyak. Kenapa begitu? Ternyata toner ini tuh exfoliate toner, jadi kalau bisa pake nya jarang-jarang aja. Kalau memang baru pertama kali baru pakai dan mau nyoba 30 days it’s okay juga.
  • Next, move on to essence. Kalau essence aku pake Laneige juga. Awalnya aku pakai SK-II Facial Treatment Essence. Bagus banget ini aku recommend juga tapi agak mahal ya dan aku kurang suka dengan baunya. Lalu akhirnya temenku ngenalin aku dengan Laneige Clear-C Advanced Effector EX Boosting Essence. Selain kualitasnya ga kalah bagus dengan SK-II, harganya nya juga mayan bersahabat hehe.
skin care steps
  • Setelah pakai essence, aku pakai moisturizer. Moiturizer aku La Roche Posay Effaclar Duo (+) Corrective Unclogging Care Anti-Imperfections. Di Indo memang susah banget cari ini. Kalaupun ada, jarang banget yang jual. Aku beli ini via Airfrov jadi nitip orang yang lagi travel ke Perancis gitu.
  • Eye Cream. Awalnya aku cuek banget dengan undereye aku. Sampai pada akhirnya mulai kelihatan dark spot under my eye sama kantong mata yang cukup tebal. Selain itu, undereye aku mayan kering, jadi aku mutusin untuk mulai pakai eye cream. Ini rekomendasi dari temenku juga yang memang beauty junkies banget. Aku lagi pake Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream. Ini produk lokal dan harganya bersahabat banget dibandingkan dengan eyecream lainnya tapi kualitasnya ga kalah juga. Setelah pake beberapa bulan, mayan membantu banget undereye aku. I really recommend buat temen-temen yang lagi nyari eye cream.
  • Untuk SPF aku pake di siang hari aja yaitu Bioré UV Aqua Rich SPF 50++. Ini tekstur nya ringan banget untuk ukuran SPF 50++ ya dan langsung meresap di kulit. Aku anti banget sebenernya pake SPF karena suka lengket banget dimuka. Tapi sekarang ga lagi karena nemu produk yang sesuai dengan kebutuhan aku.
Jadi itu adalah skincare aku yang sebelumnya aku pake buat siang dan malam hari. Namun, setelah aku nemuin produk lokal murah dan bagus aku akhirnya ganti ke produk lokal ini untuk skin care routine di malam hari. Produknya adalah Avoskin Miraculous Retinol series (toner + ampoule)! Yang bikin aku suka dengan produk ini adalah dia mengandung retinol. Surprise surprise, sebentar lagi aku akan memasuki usia seperempat abad LOL! Sudah ada rencana memang nanti pas umur 25 mau start using skin care yang punya kandungan retinolnya. Kenapa emang dengan retinol? Well, retinol sendiri adalah kandungan pada skincare untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit, jadi semacam anti-aging gitu. Dimana ternyata, penuaan dini tuh udah muncul di usia 20 tahun tapi memang belum keliatan aja di kulit.

avoskin retinol

Memang kandungan retinol itu sebenarnya memberikan efek samping di kulit seperti kulit menjadi kering atau sensasi tingling, iritasi, dsb. Tetapi yang membedakan retinol Avoskin ini dengan produk retinol lainnya adalah kandungan Actosome Retinol. Kandungan ini yang bikin retinol tuh stabil/ ga bikin efek samping yang gede di kulit. Lalu penyerapan ke epidermis juga lebih optimal. Sehingga ga perlu khawatir banget banget banget kalau mau pake retinol. Then surprise surprise Avoskin adalah produk lokal pertama yang menggunakan Actosome Retinol. Aku ga akan bahas lebih detail mengenai produknya karena bisa baca disini yang lebih expert untuk jelasin produknya.

avoskin retinol

Jujur aku pakai ini beneran cocok di kulit dan mulai jatuh cinta setelah itu. Seneng banget bisa nemu produk lokal yang murah, bagus, dan cocok di kulit. Thank you, Avoskin! #honestreview.

And that’s pretty much summed up my skin care routine. Cukup simple dan ga ribet, karena when you get older, you get busier and less free time. Bener ga sih? Oooh, and some days juga aku suka nyempetin waktu buat maskeran. Biasanya aku pake sheet mask untuk maskeran. Sheet mask favorit aku adalah semua variant sheet mask dari mediheal.

P.S. Sebenarnya ada produk lokal skin care terbaru yang lagi aku coba juga dan itu beneran cocok juga di kulitku. Ini ga boong, beneran. Mukaku lebih glowing dan sehat gitu. Nanti aku akan bahas di post yang lain, ya. Stay tune! 😉

You Might Also Like

0 comments