Journaling Update

October 07, 2019


Hi guys,

It’s been a while since I posted about ‘I start Journaling’. As written on the post, I promised that I’ll get back to you after done journaling in 30 days straight. But actually, I skipped most days in doing so. I’ve been doing a lot of things lately and one of them is I just moved in to a new place and it was really kinda hectic months.

Thank God, sekarang ini situasinya udah kembali normal. Moving in sudah selesai, dan aku coba mulai journaling lagi. Tapi kali ini, instead of me to write journal everyday kayak apapun itu yang ada dipikiran aku saat itu, aku coba journaling dengan mengambil 1 topik setiap 30 hari. Setiap topik nanti akan ada pertanyaan-pertanyaan sebanyak kurang lebih 30 pertanyaan dan aku coba jawab 1 pertanyaan setiap hari dengan menulis 2-3 halaman. Saat ini aku lagi ambil topik 'Improve Your Life'. If you want to know, I got this ‘journaling prompt’ questions through pinterest. Temen-temen bisa download juga dan kalau mau, bisa pelan-pelan nyobain journaling dengan menjawab satu pertanyaan setiap harinya.  Menurutku, ini helpful untuk kita yang mau mulai journaling tapi galau mau mulai darimana. 

I’m not the expert/ journaling guru. Karena aku baru memulai juga hehe. Tapi ini aku share dari pengalaman pribadi aku. Aku biasakan untuk journaling sebelum tidur. Walaupun memang sih kalau lagi capeek banget aku kadang suka skip. Pada awalnya aku journaling di pagi hari. Tapi semenjak aku sudah pindah ke tempat yang lebih jauh dari tempat aku sebelumnya, jadi ga sempet banget untuk nulis karena harus bangun lebih pagi untuk ke kantor. Tapi memang, from my personal experience, journaling sangat membantu aku untuk bisa kontrol emosi dan juga to be more focus. Karena jujur, aku orangnya emosian, overthinking, sensitive, easily get distracted, etc. Dengan journaling, membantu aku untuk tenang and take things slow. 

Journaling sendiri punya berbagai tipe. Tergantung dari kebutuhan kita. Ada intuitive journaling: menulis apapun yang ada dipikiranmu saat itu. Apapun itu misalkan: hahaha I don’t know what to write, ada kucing lewat, aduh…berisik banget tetangga sebelah. Just write it. Let your thoughts pour into written words. Ada juga journaling prompt (yang lagi aku lakukan): journal with picking up a certain topic, misalkan topik kali ini aku mau tentang self-discovery. Nanti akan ada questions lead yang membantu kamu untuk bisa lebih mengenal diri sendiri.


Buat temen-temen yang belum pernah coba journaling, I really recommend you to try! Pelan-pelan dulu aja, 1 halaman per harinya. Kalau memang it’s not working for you, then stop. But at least you’ve tried. Aku juga sangat merekomendasikan temen-temen untuk baca blog nya beradadisini.com. Blog tentang simple living, creative life, and slow traveling. Authornya suka share apapun tentang mindfulness, journaling things yang dimana ada journaling prompt juga. Just kindly take a look. 

Good luck my loves and feel free to drop me a question if you want to know more about this post. J

You Might Also Like

0 comments