Yogyakarta Trip Check!

October 30, 2020


Hola, apa kabar semua? Semoga tetap sehat dan waras ya. Kali ini aku pengen share cerita aku selama aku ke Jogja baru-baru ini. Lagi pandemi kok jalan-jalan? Haha, tenang, aku dan teman-temanku tetap patuhi protokol kesehatan kok dan memang trip kali ini mestakung banget, tempat-tempat yang kami kunjungin tuh super sepi. It was like a private trip for us. 

Kenapa ke Jogja? Jadi planning untuk ke Jogja sebenarnya udah cukup lama, karena kebetulan salah satu teman aku sekarang udah tinggal dan kerja disana. Waktu farewell itu pada kayak "nanti kapan-kapan ke Jogja ya, atur waktu ke Jogja" dsb. Tapi baru wacana aja belum tau kapan. Lalu tiba-tiba bulan kemarin pada rame lagi grup kami ngomongin jalan-jalan dan akhirnya tercetuslah untuk ke Jogja. Kebetulan juga semua pada WFH dan lagi butuh refreshing jadi pas banget untuk jalan-jalan. 

Awalnya mau road trip, kayaknya road trip seru. Tapi akhirnya ga jadi karena ada sesuatulah. Trus mau naik kereta sultan tapi ternyata harganya lebih mahal dari tiket pesawat (ya namanya kereta sultan ya bok) plus naik kereta memakan waktu 8 jam. Jadi kami memutuskan untuk naik pesawat. PP Batik Air. Tiket per orang udah PP itu sekitar 1jt plus biaya rapid Rp. 150.000,-. 

Sampe di bandara, situasinya agak crowded tapi ga serame yang dibayangkanlah. Seneng banget bisa ketemu temen kantor lama dan trip bareng lagi. Terakhir trip kami itu ke Puncak Bogor, staycation aja. 

Oh ya, sekalian deh aku share pengalaman terbang selama pandemi. Pertama, jangan lupa rapid/ swab test dulu ya. Sebenernya ada beberapa airline yang udah include free rapid test. Tapi aku ga menyarankan sih karena ngantri. Harus tiba lebih awal beberapa jam kalau mau rapid di bandara. Jadi aku sarankan rapid/ swab test sendiri aja minimal H-2 sebelum keberangkatan. Lalu, pastikan dapet surat rapid/ swab test yang berlaku 14 hari. Bisa pakai surat yang sama untuk PP jadi ga perlu rapid 2 kali selama masih berlaku 14 hari. Kalau udah lewat 14 hari sejak hasil keluar ya harus rapid lagi berarti. Kedua, jangan lupa download aplikasi dan isi form eHAC (electronic Health Alert Card) di smartphone kalian, ya. Aplikasi ini semacam kartu kewaspadaan kesehatan untuk ngetrack kita para penumpang apakah tinggal di wilayah pandemi atau tidak dan juga apakah kita punya gejala-gejala COVID-19. Terakhir, jangan lupa masker dan hand sanitizer. Itu aja sih, sisanya terbang normal seperti biasa. 

Di dalam pesawat, beruntung banget dapet Batik Air yang ada seat distancing. Jadi tempat duduk tengahnya kosong. Perjalanan ke Jogja cuma sekitar 40 menitan. Merem bentar udah sampe hihi. Tapi ya gitu, bandara baru Jogja jauh banget dari pusat kota. Sekitar 1jam-an lebih untuk ke pusat kotanya. Bandaranya deket banget sama laut. Cantik banget pas landing trus liat pemandangan laut. Hari itu cerah, tapi panasnya nauzubillah. 

Kami menghabiskan waktu jalan-jalan di Jogja selama 5 hari 4 malam. Untuk tempat tinggal kami nginap di rumah om nya temenku di Jalan Kaliurang, jadi tidak perlu mengeluarkan uang huehue (thanks to Dindun & keluarga, super luv). Disana kami disambut hangat banget sama keluarganya temenku. Dikasih sarapan nasi kuning pas hari ke-2 di Jogja dan gudeg juga pas hari terakhir mau balik ke Jakarta. 

Karena ceritanya WFH sambil jalan-jalan, jadi kemana-mana kami bawa-bawa laptop. Ada yang sambil concall even pitching di mobil lol, trus mampir ke cafe lucu yang instagrammable biar bisa foto-foto sambil kerja. Pas udah selesai jam kantor, baru deh jalan-jalan ke tempat jauh. 

Berikut tempat-tempat yang kami kunjungi:

 
 
Day 3: Cafe hoping day! TUJUAN, Kalluna.
 
Day 4: Lava Tour Gunung Merapi, Ullen Sentalu Museum, had lunch at The House of Ramingten, Ratu Boko, malemnya we had dinner at Koki Joni tempat nongkrong anak-anak mahasiswa hehe.
 
Day 5: Beli oleh-oleh terus pulang, balik ke Jakarta.
 
Sebenarnya masih ada tempat-tempat yang pengen aku kunjungi. Tapi mungkin next time hehe. I also made a little footage for this trip, kindly check below ya hihi.


Stay safe and healthy everyone! Thanks for reading x.

You Might Also Like

0 comments